PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN TPACK BERORIENTASI HOTS PADA MATERI CARA TUBUH MENGELOLA UDARA BERSIH DI KELAS V SD NEGERI 46 KOTA TERNATE

Putri Amaliya, Riska (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN TPACK BERORIENTASI HOTS PADA MATERI CARA TUBUH MENGELOLA UDARA BERSIH DI KELAS V SD NEGERI 46 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of SAMPUL DEPAN.pdf] Text
SAMPUL DEPAN.pdf - Published Version

Download (64kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (510kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (344kB)

Abstract

Riska Putri Amaliya, 2024. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berpendekatan TPACK Berorientasi HOTS Pada Materi Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih Di Kelas V SD Negeri 46 Kota Ternate. Dibawa bimbingan Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd.,M.Pd pembimbing I, dan Selvi Wulandari, S.Pd.,M.Pd pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan perangkat pembelajaran, keefektifan produk perangkat pembelajaran, tanggapan guru dan siswa, serta keunggulan dan keterbatasan produk perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning berorientasi HOTS berpendekatan TPACK. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap yaitu analisys (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 46 Kota Ternate yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan produk, angket respon siswa dan angket respon guru untuk mendapatkan data kepraktisan dan tes hasil belajar untuk mendapatkan data keefektifan produk yang dikembangakan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh rata-rata total kevalidan RPP dari validator I yaitu 109,2, validator II 106,49, validator III 105,18, rata-rata total kevalidan LKPD dari validator I yaitu 58,99, validator II 62,2, validator III 71,08, rata-rata total kevalidan instrumen penilaian dari validator I yaitu 38,18, validator II 40,58, validator III 42,2, dan rata rata total kevalidan media PowerPoint dari validator I yaitu 73,8, validator II 73,8, validator III 81. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata total angket respon siswa sebesar 71,72% dan rata-rata total angket respon guru sebesar 86,25%. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil tes belajar peserta didik memenuhi kriteria efektif dengan persentase rata-rata hasil belajar yaitu 76,19%. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:53
Last Modified: 02 Oct 2025 06:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5749

Actions (login required)

View Item View Item