PENANAMAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM KEGIATAN ORGANISASI KEPRAMUKAAN DI SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE

RUSLI, M.RIJAN (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM KEGIATAN ORGANISASI KEPRAMUKAAN DI SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (181kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (239kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB)

Abstract

M.RIJAN RUSLI NPM. 03071911013 (2024) “Penanaman Nilai-Nilai Kewarganegaraan Dalam Kegiatan Organisasi Kepramukaan Di Sma Negeri 4 Kota Ternate“ Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bimbingan Dr. Rustam Hasyim, S.Pd,.Mhum dan Jainudin Abdullah, S.Pd,.M.Pd Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui Nilai-Nilai Kewarganegaraan Apa Yang Terkandung Dalam Organisasi Kepramukaan Di Sekolah SMA Negeri 4 Kota Ternate (2) Untuk mengetahui Faktor-faktor pendukung dan penghambat Dampak kegiatan Kepramukaan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kewarganegaraan Di SMA Negeri 4 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan menggunakan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan ini dilakukan dengan meneliti langsung masalah yang akan diteliti di lapangan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain sebagainya. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang responden adalah Kepala sekolah dan guru kelas, serta siswa di SMA Negeri 4 Kota Ternate.. Sedangkan tehnik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1. Penanaman kegiatan Pramuka di SMA Negeri 4 Kota Ternate sangat menunjang dalam menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan khususnya nilai karakter bangsa. Hal tersebut dapat dilihat melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam kepramukaan. Dalam kegiatan ektrakurikuler Pramuka banyak kegiatan yang dapat mengembangkan nilai kewarganegaraan khususnya nilai karakter bangsa pada peserta didik, meliputi nilai religius, cinta tanah air, kedisiplinan, tanggung jawab, semangat kebangsaan, kreativitas, peduli lingkungan, kerjasama, dan keberanian. Dengan adanya pendidikan nilai karakter bangsa yang dilakukan dalam kegiatan kepramukaan, sedikit demi sedikit sikap dan perilaku anak (anggota Pramuka) mulai mengalami kemajuan secara progresif. Faktor yang mendukung kegiatan dalam pengembangan nilai-nilai kewarganegaraan yaitu sarana prasarana yang menunjang, dimasukkannya pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakulikuler wajib, kualitas pembina serta adanya dukungan dari keluarga. Hambatan yang ada dibagai menjadi dua yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal antara lain yaitu rasa kelelahan anak-anak karena banyaknya tugas dari sekolah, terbatasnya dana kegiatan untuk mengembangkan nilai karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan. Hambatan ekstrenal yaitu perbedaan lingkungan berkarakter antara lingkungan sekolah dengan lingkungan masyarakat sekitar. Kata Kunci: Nilai-Nilai Kewarganegaraan Organisasi Kepramukaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:55
Last Modified: 02 Oct 2025 06:55
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5778

Actions (login required)

View Item View Item