Ilham, Sukmawati (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
|
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (92kB) |
|
|
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
|
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (235kB) |
Abstract
Sukmawati Ilham. (2023). Implementasi Pendekatan Humanistik Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate. Dibawah bimbingan sebagai pembimbing I : Dr. Irwan Abbas, S.S., M. Hum dan Pembimbing II : Dr. Irwan Djumat, S. Ag.,M. Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui implementasi pendekatan humanistik dalam pembentukan karakter peserta didik di Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate, (2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendekatan humanistik dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Ternate. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pen dekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah, kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, guru PPKn, guru agama, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendekatan Humanistik dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate lebih spesifik pada mata pelajaran PKn adalah (1) Pen yatuan Sikap dan Standar Perilaku Peserta Didik dalam Pembelajaran. Sikap dan Standar perilaku, tidak dituliskan dalam bentuk aturan di sekolah tetapi disepa kati secara bersama diantaranya: saling peduli, saling menghargai, tidak mem bully, tidak saling melecehkan, dan tidak menghina, baik dalam kegiatan proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran, dan (2) Membudayanya Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Didik. Karakter disiplin, jujur dan taat pada peraturan itu dibiasakan sejak peserta didik itu berada di area sekolah sampai pulang kembali ke rumah. (2) Adapun Kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendekatan Humanistik dalam Pembentukan Karakter Pesrta Didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate yaitu (1) Lingkungan yang berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung dan (2) Terbatasnya komunikasi guru dan peserta didik. Terbatasnya komunikasi disebabkan karena durasi waktu mengajar sesuai jam pelajaran. Kata Kunci : Pendekatan Humanistik, Pembentukan Karakter
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
| Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
| Depositing User: | Rini R. Thalib |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 05:47 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 05:47 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

