Saleh, Basuki Rahmat (2025) Pengaruh kepemimpinan, komunikasi, dan sistem kontrol terhadap kinerja organisasi melalui perilaku pelayanan karyawan (Pada Karyawan Rumah Sakit Umum Kabupaten Halmahera Tengah). Masters thesis, Universitas Khairun.
|
Text
COVER.pdf - Published Version Download (282kB) |
|
|
Text
ABSTRACK.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (144kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (131kB) |
Abstract
Basuki Rahmat Saleh, Program Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Khairun, 2025. Pengaruh kepemimpinan, komunikasi, dan sistem kontrol terhadap kinerja organisasi melalui perilaku pelayanan karyawan (Pada Karyawan Rumah Sakit Umum Kabupaten Halmahera Tengah). Pembimbing Utama: Abd. Wahab Hasyim, Pembimbing Pendamping: Rahmat Sabuhari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kepemimpinan, komunikasi, dan system control karyawan terhadap kinerja organisasi baik secara langsung maupun melalui perilaku pelayanan. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam pengembangan Ilmu Manajemen Sumberdaya Manusia dan perilaku organisasi sehingga dapat memberikan manfaat pada akademisi dan praktisi manajemen rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang dapat dikumpulkan dan dianalisis berjumlah 115 karyawan tetap yang bertugas di beberapa bagian/ruang Rumah Sakit Umum Daerah. Pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitas. SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS 3.0 digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan perilaku pelayanan, dapat dilakukan dengan cara berkomunikasi yang baik untuk meningkatkan perilaku pelayanan, karyawan harus berperilaku baik dalam melayani pasien agar mampu meningkatkan kinerja organisasi, system control yang tepat dapat meningkatkan perilaku pelayanan. Kepemimpinan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pelayanan mamupun kinerja organisasi. Komunikasi belum berjalan efektif sehingga tidak mampu meningkatkan kinerja organisasi, begitu juga dengan system control yang diterapkan saat ini belum mampu meningkatkan kinerja organisasi. Perilaku pelayanan mampu memediasi pengaruh komunikasi terhadap kinerja organisasi dan system control terhadap kinerja organisasi yang signifikan, Hasil penelitian ini juga menerangkan bahwa perilaku pelayanan tidak mampu memediasi pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja organisasi. Kata Kunci: Kepemimpinan, komunikasi, sistem control, kinerja organisasi, perilaku pelayanan karyawan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas > Pascasarjana Ilmu Ekonomi Kosentrasi Perencanaan Pembangunan Fakultas > Pascasarjana Ilmu Ekonomi Kosentrasi Perencanaan Pembangunan Fakultas > Pascasarjana Ilmu Ekonomi Kosentrasi Perencanaan Pembangunan |
| Depositing User: | Unnamed user with email salkin.lutfi@gmail.com |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 06:38 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 06:38 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

