Lifu, Anita (2024) PENERAPAN LKPD MATERI PERBANDINGAN SENILAI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
|
Text
cover.pdf - Published Version Download (39kB) |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version Download (277kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (173kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (118kB) |
Abstract
Anita Lifu. 2024. Penerapan LKPD Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari gaya belajar. Di bawah bimbing Dr. Karman La Nani, S.Pd., M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Ardiana, S.Si., M.Sc. selaku pembimbing II. Penerapan LKPD merupakan suatu proses penggunaan sumber belajar yang dikembangkan guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan LKPD menggunakan Model Dicovery Learning memudahkan keterlibatan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi perbandingan senilai melalui penerapan LKPD dengan menggunakan model discovery learning ditinjau dari gaya belajar; dan pengaruh interaksi antara pembelajaran dan gaya belajar terhadap pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian true experimental ini menjadikan 48 siswa yang diambil secara purposive sampling sebagai sampel dan diklasifikasi atas kelas eksperimen dan kontrol. Data kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar siswa diperoleh menggunakan instrumen yaitu instrumen tes dan instrumen non-tes disusun berdasarkan indikator dan telah memenuhi syarat validitas. Data kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis diskriptif untuk mengungkapkan pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Analisis inferensial untuk menguji pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan LKPD menggunakan model Discovery Learning ditinjau dari gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model discovery learning terdapat 16,66% siswa dalam kualifikasi memuaskan, 83,33% dalam kualifikasi baik serta yang diterapkan pembelajaran konvensional terdapat 25% dalam kualifikasi baik dan 75% dalam kualifikasi cukup; (2) Ditinjau dari gaya belajar visual terdapat 25% siswa dengan kemampuan komunikasi matematis dalam kualifikasi memuaskan, 75% dalam kualifikasi baik setelah diterapkan model discovery learning serta siswa yang diterapkan PK terdapat 37,5% dalam kualifikasi baik dan 62,5% dalam kualifikasi cukup; (3) ditinjau dari gaya belajar auditori 100% siswa dengan kemampuan komunikasi matematis dalam kualifikasi baik setelah diterapkan model discovery learning serta setelah diterapkan PK terdapat 12,5% siswa dalam kualifikasi baik dan 87,5% dalam kualifikasi cukup; (3) ditinjau dari gaya belajar kinestetik terdapat 25% dalam kualifikasi memuaskan 75% dalam kualifikasi baik serta terdapat siswa 25% dalam kualifikasi baik 75% siswa dalam kategori cukup; (4) Pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh PK baik ditinjau dari gaya belajar maupun secara keseluruhan; dan (5) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan gaya belajar terhadap pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi perbandingan senilai. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, Model Discovery learning, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Materi Perbandingan Senilai,.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 02:07 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 02:07 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

