PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN ACADEMIC HELP-SEEKING SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Jami, La (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN ACADEMIC HELP-SEEKING SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Masters thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf - Published Version

Download (169kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (354kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (505kB)

Abstract

LA JAMI,Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Academic Help Seeking Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika,Dibimbing oleh HERY SUHARNA dan MARWIA TAMRIN BAKAR Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan academic help-seeking (AHS) siswa memberikan peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa sekolah menengah karena dapat membantu siswa dalam hal penyampaian informasi serta pendapat dalam pembelajaran.Selain itu kemampuan komunikasi matematis juga mampu membimbing siswa dalam hal menulis, menginterretasikan dan mengevaluasi ide, simbol, istilah, serta informasi matematika. sementara AHS merupakan strategi self-regulatory penting yang mampu memberikan kontribusi dalam suatu pembelajaran. Disisi lain Kemampuan siswa terhadap aspek- aspek tersebut masih tergolong rendah sehingga perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran alternatif yang dapat dikembangkan untuk mencapai kompetensi dimaksud adalah pembelajaran berbasis masalah(PBM). Penelitian ini bertujuan untuk: 1).Menjelaskan kemampuan komunikasi smatematis siswa yang memperoleh Pembelajaran berbasis masalah(PBM) dan perbedaanya dengan kemampuan komunikasi mathematis(KKM) siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional(PK). 2).Menjelaskan academic help-seeking matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah(PBM) dan perbedaannya dengan perilaku academic help-seeking (AHS) siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional(PK). 3).Memahami hubungan antara kemampuan komunikasi mathematis(KKM) dan academic help-seeking(AHS) matematik siswa yang diterapkan melalui pembelajaran berbasis masalah(PBM) dan pembelajaran konvensional(PK) ditinjau dari kemampuan awal matematika.Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara. Instrumen pengumpulan data meliputi: tes kemampuan awal matematis (KAM), pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis( KKM), skala AHS, lembar observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik uji: t, t’(t aksen), MannWhitney U, dan uji asosiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian KKM dan AHS siswa yang memperoleh PBM secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (PK). 2). Peningkatan KKM siswa yang memperoleh PBM secara signifikan lebih tinggi daripada PK ditinjau dari KAM (tinggi dan sedang).(3) Ada hubungan yang signifikan dan bersifat positif antara KKM dan AHS siswa yang menerima pembelajaran PBM. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Academic Help-Seeking, dan Pembelajaran Berbasis Masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:08
Last Modified: 09 Oct 2025 02:08
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5920

Actions (login required)

View Item View Item