ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 37 HALMAHERA SELATAN

La Djaila, Rafid (2024) ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 37 HALMAHERA SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (20kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (14kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (28kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)

Abstract

Keterampilan metakognitif merupakan cara belajar merujuk kepada kesadaran dan pengetahuan seseorang dalam menggunakan ranah kognitif meliputi perencanaan, keterampilan monitoring, dan keterampilan evaluasi. Gaya belajar meliputi visual, auditori dan kinestetik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan Metakognitif belajar matematika siswa SMA Negeri 37 Halamahera Selatan dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier tiga variabel ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian deskriptif kualitatif ini menjadikan 28 siswa Kelas X SMA Negeri 37 Halmahera Selatan sebagai subyek yang diteliti. Data keterampilan metakognitif matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLtV dan gaya belajar diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen tes keterampilan metakognitif matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLtV yang telah memenuhi validitas, dan angket gaya belajar mnggunakan instrument standar telah memenuhi validitas. Data keterampilan metakognitif matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLtV dan gaya belajar dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: (1) rata-rata keterampilan metakognitif matematis siswa sebesar 67.35% dalam kategori sedang; (2) terdapat 14 % siswa dengan keterampilan metakognitif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel dalam kualifikasi tinggi, 60,71% dalam kualifikasi sedang, 25% dalam kualifikasi rendah; (3) Siswa dengan gaya belajar visual mencapai keterampilan metakognitif matematis mencapai 66,67% dalam kualifikasi sedang, gaya belajar auditori mencapai 73,45 % dalam kualifikasi tinggi, siswa dengan gaya belajar kinestetik dengan keterampilan metakognitif matematis mencapai 59,75% dalam kualifikasi rendah; dan (4) siswa dengan gaya belajar visual, terdapat 7,14% memiliki keterampilan metakognitif matematis kategori tinggi, 17,85% kategori sedang, dan 7,14% dalam kategori rendah; Siswa dengan gaya belajar auditori terdapat 14,28%) kategori tinggi, 21,42% kategori sedang, dan 3,57%) kategori rendah; dan siswa dengan gaya belajar kinestetik terdapat 3,57% kategori kategori rendah. Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif Matematis, Kemampuan Menyelesaikan Masalah SPLtV, dan Gaya Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:09
Last Modified: 09 Oct 2025 02:09
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5924

Actions (login required)

View Item View Item