“PENGARUH SISTEM REKOMENDASI BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN MEDIASI EMOSI POSITIF” (STUDI PENGGUNA PLATFORM SHOPEE DI KOTA TERNATE)

Idris, Abdul Haris (2024) “PENGARUH SISTEM REKOMENDASI BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN MEDIASI EMOSI POSITIF” (STUDI PENGGUNA PLATFORM SHOPEE DI KOTA TERNATE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (56kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of 6. BAB I.pdf] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (568kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB)

Abstract

Abdul Haris Idris 2024, Pengaruh Sistem Rekomendasi Berbasis Artificial intelligence Terhadap Impulsive buying dengan Mediasi Emosi Positif. Ketua Komisi: Dr. Sulfi Abdul Haji, SE., M.Si; Anggota Komisi: Subhan., SE., M.Com (Adv) Dalam pelaksanaan pembelian secara online secara tidak langsung yang dilatarbelakangi oleh kemudahan layanan perdagangan elektronik, ternyata juga berdampak pada perilaku konsumen. Mengacu pada perilaku pembelian impulsif yang dapat diartikan sebagai perilaku pembelian yang tidak terencana karena dorongan emosional dari konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menilai dampak sistem rekomendasi berbasis AI terhadap Impulsive buying melalui perantara emosi positif. Shopee dipilih sebagai objek penelitian dalam mengidentifikasi konsumen impulsif. Populasi difokuskan di wilayah Kota Ternate dengan 120 sampel yang digunakan dengan kriteria yang berperilaku impulsif di Shopee. Untuk menguji pengaruh antara variabel bebas, mediasi, dan terikat yaitu pengaruh sistem rekomendasi berbasis konten yang dimediasi oleh emosi positif terhadap pembelian impulsif, maka metode analisis yang digunakan adalah SEM. Hasilnya, sistem rekomendasi berbasis AI tidak dapat secara langsung mempengaruhi pembelian impulsif, tetapi emosi positif dapat memediasi pengaruh sistem rekomendasi berbasis AI terhadap pembelian impulsif. Keyword: Sistem Rekomendasi Artificial Intellegent, Emosi Positif, Impulsive buying

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:17
Last Modified: 17 Oct 2025 01:17
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item View Item