PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRFI DI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE

Abdullah, M.Nofriansyah (2023) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRFI DI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1 CAVER.pdf] Text
1 CAVER.pdf - Published Version

Download (144kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penulisan ini iyalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study pada mata pelajaran Geografi kels XI IPS 2 di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX IPS-2 dengan jumlah peserta didik 30 orang dan menggunakan lembar observasi guru dan siswa sebagai instrument penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Problem Based Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran geografi, hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil observasi dimana pada siklus I hanya 6 orang yang memiiki tingkat keaktifan belajar di atas 50% sementara 24 orang peserta didik lainnya memiliki tingkat keaktifan belajar dibawah 50%, namun pada siklus II mengalami peningkatan dimana tingkat keaktifan belajar peserta didik sebayak 30 orang mencapai persentase keaktifan diatas 50%. Kata Kunci : Problem Based Learning Berbasis Lesson study, Peningkatan Keaktifan Pesera didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QE Geografi
Q Science > QE Geografi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:53
Last Modified: 28 Oct 2025 03:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6244

Actions (login required)

View Item View Item