UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE (BENAR ATAU SALAH) KELAS VIII3 DI SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE

Tude, Marsela (2023) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE (BENAR ATAU SALAH) KELAS VIII3 DI SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. Cover.pdf] Text
A. Cover.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of C. Abstrak Indonesia, Inggris.pdf] Text
C. Abstrak Indonesia, Inggris.pdf - Published Version

Download (159kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII3 di SMP Negeri 5 Kota Ternate masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran yang belum optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran IPS salah satunya dengan penerapan pembelajaran metode active learning tipe true or false (benar atau salah). Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode active learning tipe true or false pada mata pelajaran IPS kelas VIII3 SMP Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII3 SMP Negeri 5 Kota Ternate sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif yang meliputi:reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode active learning tipe true or false (benar atau salah) dalam pembelajaran IPS mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas pembelajaran siswa dan tes hasil belajar di kelas yang diambil datanya. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 47%, yang menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus ini berada dalam kategori rendah. Pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 79%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pun turut mengalami peningkatan. Kata Kunci : True or False, Aktivitas, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QE Geografi
Q Science > QE Geografi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:53
Last Modified: 28 Oct 2025 03:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item View Item