PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA TERNATE PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN

Aljufri, Andira (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA TERNATE PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (235kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB)

Abstract

Andira Aljufri, 2023. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Man 1 Kota Ternate Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan. Pembimbing Dr. Said Hasan, M.Pd. Pembimbing Dra. Hasnah Ahmad, M.Si. Pembelajaran bermakna adalah pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik dan menjadikan peserta didik sebagai pelaku utama yang aktif bersama temannya mengidentifikasi masalah, mencari solusi dan menyimpulkan serta mengomunikasikan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti pada tingkat berpikir kritis dan hasil belajar siswa yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa ditingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pengamatan pada penelitian ini akan memperoleh nilai hasil posttest dan tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan persentase siswa pada siklus 1 yang mencapai indikator berpikir kritis dengan skor rata-rata (58,33%), siswa yang mencapai hasil belajar kompetensi pengetahuan 20 orang siswa (66,67%) . Pada Siklus 2, presentase siswa yang mencapai indikator kemampuan berpikir kritis dengan skor rata-rata (85,50%), dan 27 siswa (86,67%) yang mencapai indikator hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Kota Ternate pada materi sistem pernapasan. Kata kunci: 2)Discovery Learning; 1)Berpikir Kritis; 3)Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:55
Last Modified: 28 Oct 2025 03:55
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6263

Actions (login required)

View Item View Item