PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE(TPS) TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 HALMAHERA BARAT

Noho, Rosita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE(TPS) TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 HALMAHERA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (244kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (312kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB)

Abstract

Rosita Noho, 2023 Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terintergrasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Halmahera Barat. Pembimbing I Dr. Ade Hi Haerullah, S. Pd., M. Pd Pembimbing II Dra. Hasna Ahmad, S. Pd., M. Si Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Think Pair Share.Terintergrasi pendekatan Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Halmahera Barat pada konsep ekosistem tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran ipa pada konsep ekosistem. Penggumpulan data dalam penelitian ini dengan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan presentase aktivitas dan hasil belajar pada peserta didik. Berdasarkan tes aktivitas pada siklus I rata-rata diperoleh 60% dan pada siklus II rata-rata aktivitas diperoleh 80%, dan hasil belajar diperoleh 35%, dan pada siklus II hasil belajar diperoleh 90%. Pada ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasifikasi pun terjadi peningkatan, terlihat dari perhitungan ketuntasn aktivitas siklus I diperoleh 60% atau berkategori cukup pada siklus II aktivitas 80% atau berkaregori baik. Pada ketuntasan hasil belajar siswa secara klasifikasi pun terjadi peningkatan, terlihat dari perhitungan ketuntasan hasil belajar siklus I 35% atau berkategori kurang pada siklus II hasil belajar 90% atau berkategori baik sekali. Hal ini menunjukan baik dari rata-kelas maupun ketuntasan belajar klasifikasi perserta didik telah mencapai kriteria yang telah ditetapkan yaitu mencapai KKM 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran ipa tentang ekosistem dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share Terintegrasi Saintifik untuk meningkatakan hasil belajar kognitif meningkat. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA Tentang Ekosisrem, Model Pembelajaran, Think Pair Share

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 30 Oct 2025 06:35
Last Modified: 30 Oct 2025 06:35
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6338

Actions (login required)

View Item View Item