HADIS, EMY NARTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 HALMAHERA SELATAN PADA KONSEP GAYA DAN GERAK. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
cover.pdf - Published Version Download (30kB) |
|
Text
ABSTRAK EMY.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (299kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Kelas VIII. 2). Berapa besar pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Kelas VIII. 3). Bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas VIII SMP Negeri 37 Halmahera Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan pola satu grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 22 siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Halmahera Selatan dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara sampling purposive. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, soal tes, angket respon siswa. Bentuk soal tes yang digunakan berupa esai dengan jumlah soal 10 item dengan skor total 58. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji statistik yaitu uji-t. Data hasil perhitungan diperoleh thit = 10,57 dan ttab = 2,080 dengan dk = 21 dan taraf signifikan 0,05. sehingga data hasil perhitungan menunjukan bahwa thit > ttab atau 10,57 > 2,080 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inkuiri Terbimbing dapat mempengaruhi Keterampilan Proses Sains Siswa pada materi gaya dan gerak. Hal ini ditunjukan bahwa terdapat pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi gaya dan gerak sebesar 1,3 (sangat besar). Hal ini juga didukung dengan respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan besar persentase adalah 63,92% termasuk dalam ketegori kuat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Fisika Q Science > QC Fisika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 06:41 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 06:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2827 |
Actions (login required)
View Item |