MUHAMMAD, FATIMA DJ. (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH SWASTA NURULHUDA DOWORA KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI KALOR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (23kB) |
|
Text
3. ABSTRAK FATIMA.pdf - Published Version Download (95kB) |
|
Text
5. BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa XI IPA-A Madrasah Aliyah Swasta Nurulhuda Dowora Kota Tidore Kepulauan pada Materi Kalor. (2) Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA-A Madrasah Aliyah Swasta Nurulhuda Dowora Kota Tidore Kepulauan pada Materi kalor. (3) Respon siswa dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA-A Madrasah Aliyah Swasta Nurulhuda Dowora Kota Tidore Kepulauan pada Materi kalor. (4) Aktivitas siswa dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA-A Madrasah Aliyah Swasta Nurulhuda Dowora Kota Tidore Kepulauan pada Materi kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan bentuk one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Nurulhuda Dowora Kota Tidore Kepulauan yang berjumlah 32 orang yang tersebar dalam 2 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 16 siswa kelas XI IPA-A dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara guru, soal tes, angket respon siswa dan lembar aktivitas siswa. Tes yang digunakan dalam bentuk soal essai dengan jumlah soal 12 item dengan skor total 160. Data penelitian diuji dengan uji statistik yaitu uji t. Data hasil perhitungan diperoleh thitung = 28,238 dan ttabel = 2,131 dengan dk = 15 dan taraf signifikan 0,05. Data hasil perhitungan menunjukkan bahwa terbukti thitung > ttabel atau 28,238 > 2,131 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA-A Madrasah Aliyah Swasta Nurulhuda Dowora Kota Tidore Kepulauan pada materi kalor. Besar pengaruh penggunaan model tersebut sebesar 5,18. Persentase rata-rata respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 80,15% dan persentase rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 78,01%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Fisika Q Science > QC Fisika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 02:45 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 02:45 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2828 |
Actions (login required)
View Item |