PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

MUHLAS, MEGAWATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen sedangkan desain penelitiannya adalah Group Psstest-Only Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya sampling purposive, setelah diperoleh 2 kelas sebagai sampel kemudian diacak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar siswa dengan 5 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah PAP skala 5 dan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji F hitung berdasarkan Nilai Signifikansi Dari output SPSS di atas, diketahui nilai signifikansi sebesar 0,112. Karena nilai signifikansi 0,112 > 0,05

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 05:12
Last Modified: 11 May 2023 05:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3181

Actions (login required)

View Item View Item