PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE

YUSUP, SUNARTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of CAOVER PEMBUKUAN.pdf] Text
CAOVER PEMBUKUAN.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of BAB I PEMBUKUAN.pdf] Text
BAB I PEMBUKUAN.pdf - Published Version

Download (120kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA PEMBUKUAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA PEMBUKUAN.pdf - Published Version

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pegaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate dan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi Struktur Atom kimia kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pupolasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate pada tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 70 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS for windows versi 21.0. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh sig < 0,05 atau 0,008 < 0,05, thitung > ttabel atau 2,986 > 1,729 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai gain 0,27 (kategori rendah). Kata Kunci: Hasil belajar, uji statistik SPSS 21.0

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 23 May 2023 04:00
Last Modified: 23 May 2023 04:00
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item