WIDODO HENDRI, LISMAN (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA AL-KHAIRAAT KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (41kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (34kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (97kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (41kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate. Penelitian yang peneliti lakukan menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Objek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran biologi materi ekosistem untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, siswa yang dikatakan tuntas 25% atau 3 siswa, dengan nilai rata yang diperoleh 56.5%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 77.08% dari ketuntasan siswa terdapat 10 siswa yang tuntas. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70%, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 90%. Sedangkan nilai persentase aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan model PBL pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 90% Kata Kunci: problem based learning (PBL), hasil belajar, ekosistem
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 00:38 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 00:38 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4092 |
Actions (login required)
View Item |