PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA AL-KHAIRAAT KOTA TERNATE

WIDODO HENDRI, LISMAN (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA AL-KHAIRAAT KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (41kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate. Penelitian yang peneliti lakukan menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Objek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran biologi materi ekosistem untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, siswa yang dikatakan tuntas 25% atau 3 siswa, dengan nilai rata yang diperoleh 56.5%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 77.08% dari ketuntasan siswa terdapat 10 siswa yang tuntas. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70%, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 90%. Sedangkan nilai persentase aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan model PBL pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 90% Kata Kunci: problem based learning (PBL), hasil belajar, ekosistem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 07 Oct 2024 00:38
Last Modified: 07 Oct 2024 00:38
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item