IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUAIRY TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG

Yusup,, Fajri S. (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUAIRY TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (116kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan literasi sains kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Ternate pada konsep getaran dan gelombang dengan mengunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif sedangkan desain penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan post-test only control group design dan rancangan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota yang terdiri dari 11 kelas berjumlah 352 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah Cluster random Sampling dengan tidak memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengunakan tes. Tes dilakukan sebelum dan sesuda pembelajaran. Bentuk soal tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dalam bentuk essay yang berjumlah 15 item. Data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan statistik uji-t. Setelah dianalisis secara manual diperoleh thit = 5,63 dengan dk = 54 dan taraf signifikan α = 5% maka ttab = 2,00. Pada taraf nyata 5% ternyata thit > ttab atau 5,63 > 2,00, dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukan terdapat peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran meggunakan model inkuiri terbimbing. Kemudian pencapaian kemampuan literasi sains untuk kelas eksperimen sebesar 66,07 % dengan kategori sedang pada kelas eksperimen dan 60,00 dengan kategori sedang pada kelas kontrol. Kata Kunci: Inquiri terbimbing, literasi sains, getaran dan gelombang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 05 May 2025 01:28
Last Modified: 05 May 2025 01:28
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item