PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Jufri,, Hudjaini (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS .pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS .pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Kota Ternate yaitu kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes berupa soal essay yang berjumlah 8 item dengan skor total 65. Hasil belajar dianalisis menggunakan statistic uji N-Gain score yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang berbeda pada kedua kelas. Peningkatan uji N-Gain score sebesar 0,36 pada kelas eksperimen dan 0,31 pada kelas kontrol dengan kategori sedang. Kata Kunci: POE, Hasil Belajar, Momentum dan Impuls

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 05 May 2025 03:34
Last Modified: 05 May 2025 03:34
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4898

Actions (login required)

View Item View Item