UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA TERNATE

NOHO, UMMAIRAH (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (216kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (404kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate, (2) setelah menggunakan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat mengetahui besar peningkatan dalam kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 24 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 10 perempuan. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observsi (4) refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siklus I ketuntasan siswa sebesar 44% sebanyak 11 siswa yang tuntas dari 24 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah nilai rata-rata pada siklus I adalah 50 % sedangkan pada siklus II menunjukan ketuntasan siswa sebesar 72% sebanyak 18 siswa yang tuntas dari 24 siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas dengan jumlah nilai rata-rata 73 %. Dengan demikian dapat dilihat penggunaan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, PQ4R

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 00:45
Last Modified: 18 Sep 2025 00:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5295

Actions (login required)

View Item View Item