Sibela, Suratmi (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (106kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK INDONESIA & INGGRIS.pdf - Published Version Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (290kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (288kB) |
Abstract
Suratmi Sibela, 2023. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Fisika Setelah Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, 2023. Dibawah Bimbingan Bapak Drs. Nurdin A. Rahman, M.Pd Dan Ibu Fatma Hamid, S.Pd., M.Pd. Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada konsep kalor dan perpindahannya di kelas VII1 SMP Negeri 5 Kota Ternate. Pengumpulan data ini menggunakan teknik uji reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Instrument uji coba soal yang di gunakan adalah soal uraian yang terdiri dari 8 soal kemampuan kognitif siswa. Data yang di analisis secara kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 5 Kota Ternate sebanyak 26 siswa. Dari hasil kognitif secara keseluruhan yang mencakup 4 kategori yaitu sangat baik,baik, cukup, dan kurang. Pada kriteria kurang, hasil pretest terdapat 1 siswa dan 1 siswa pada hasil postest dengan nilai rata-rata (21 40), hal ini karena pada saat menjawab soal siswa hanya fokus pada pemecahan soal tidak mengikuti tahap dalam menyelesaikan soal, siswa belum terlatih untuk merumuskan masalah dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal tersebut. Pada kriteria cukup, pada hasil pretest terdapat 8 siswa dan 1 siswa hasil postest dengan nilai rata-rata (41-60), hal ini karena siswa mampu memahami masalah yang ditujukan dengan menulis apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Pada kriteria baik, pada hasil pretest terdapat 15 siswa dan 16 siswa hasil postest dengan nilai rata-rata (61-80),hal ini karena siswa mampu memahami masalah, bisa menjelaskan dengan tepat dalam menyelesaikan soal, dan kriteria sangat baik pada hasil pretest terdapat 1 dan 8 siswa hasil postest dengan nilai rata-rata (81-100), hal ini karena siswa mampu memahami masalah, bisa menjelaskan dengan tepat dalam menyelesaikan soal, bisa mengidentifikasi hubungan-hubungan antara pernyataan-pernyataan, pertanyaan-pertanyaan, dan konsep yang diberikan pada soal. Kata Kunci : Kognitif Siswa, Advance Organizer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QC Fisika Q Science > QC Fisika |
Divisions: | > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:03 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:03 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |