ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER

Sibela, Suratmi (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of ABSTRAK INDONESIA & INGGRIS.pdf] Text
ABSTRAK INDONESIA & INGGRIS.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (290kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (288kB)

Abstract

Suratmi Sibela, 2023. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Fisika Setelah Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, 2023. Dibawah Bimbingan Bapak Drs. Nurdin A. Rahman, M.Pd Dan Ibu Fatma Hamid, S.Pd., M.Pd. Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada konsep kalor dan perpindahannya di kelas VII1 SMP Negeri 5 Kota Ternate. Pengumpulan data ini menggunakan teknik uji reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Instrument uji coba soal yang di gunakan adalah soal uraian yang terdiri dari 8 soal kemampuan kognitif siswa. Data yang di analisis secara kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 5 Kota Ternate sebanyak 26 siswa. Dari hasil kognitif secara keseluruhan yang mencakup 4 kategori yaitu sangat baik,baik, cukup, dan kurang. Pada kriteria kurang, hasil pretest terdapat 1 siswa dan 1 siswa pada hasil postest dengan nilai rata-rata (21 40), hal ini karena pada saat menjawab soal siswa hanya fokus pada pemecahan soal tidak mengikuti tahap dalam menyelesaikan soal, siswa belum terlatih untuk merumuskan masalah dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal tersebut. Pada kriteria cukup, pada hasil pretest terdapat 8 siswa dan 1 siswa hasil postest dengan nilai rata-rata (41-60), hal ini karena siswa mampu memahami masalah yang ditujukan dengan menulis apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Pada kriteria baik, pada hasil pretest terdapat 15 siswa dan 16 siswa hasil postest dengan nilai rata-rata (61-80),hal ini karena siswa mampu memahami masalah, bisa menjelaskan dengan tepat dalam menyelesaikan soal, dan kriteria sangat baik pada hasil pretest terdapat 1 dan 8 siswa hasil postest dengan nilai rata-rata (81-100), hal ini karena siswa mampu memahami masalah, bisa menjelaskan dengan tepat dalam menyelesaikan soal, bisa mengidentifikasi hubungan-hubungan antara pernyataan-pernyataan, pertanyaan-pertanyaan, dan konsep yang diberikan pada soal. Kata Kunci : Kognitif Siswa, Advance Organizer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: > Pendidikan Fisika
> Pendidikan Fisika
> Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:03
Last Modified: 22 Sep 2025 05:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5462

Actions (login required)

View Item View Item