IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS3 SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE

bahrun, Nurhafifa (2023) IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS3 SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. Cover.pdf] Text
A. Cover.pdf - Published Version

Download (26kB)
[thumbnail of C. Abstrak Indonesia, Inggris.pdf] Text
C. Abstrak Indonesia, Inggris.pdf - Published Version

Download (19kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB)

Abstract

Tujuan penilitian adalah untuk mengetahui untuk me metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan aktivitas kejarsama dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS3 di SMA Negeri 10 Kota Ternate menggunakan metode TPS. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan II siklus. dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS3 di SMA Negeri 10 Kota Ternate yang berjumlah 23 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). adapun metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapa metode pembelajaran TPS pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan kemampuan kejarsama dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS3 SMA Negeri 10 Kota Ternate.hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 23 jumlah peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan nilai rata-rata 55 kategori tidak tuntas, sedangkan pada siklus II dari 23 jumlah pesera didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan nilai rata-rata 83 kategori tuntas. Pada proses observasi siklus I, aktivitas guru model dalam implimentasikan metode TPS dan aktivitas kerjarsama peserta didik masih kurang. sehingga dilakukan perbaikan pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajarn pada siklus II. Pada siklus II aktivitas guru model dalam implementasikan metode TPS dan aktivitas kerjersama peserta didik menjadi lebih baik. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QE Geografi
Q Science > QE Geografi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:54
Last Modified: 28 Oct 2025 03:54
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6253

Actions (login required)

View Item View Item