bahrun, Nurhafifa (2023) IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS3 SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
|
Text
A. Cover.pdf - Published Version Download (26kB) |
|
|
Text
C. Abstrak Indonesia, Inggris.pdf - Published Version Download (19kB) |
|
|
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (86kB) |
Abstract
Tujuan penilitian adalah untuk mengetahui untuk me metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan aktivitas kejarsama dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS3 di SMA Negeri 10 Kota Ternate menggunakan metode TPS. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan II siklus. dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS3 di SMA Negeri 10 Kota Ternate yang berjumlah 23 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). adapun metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapa metode pembelajaran TPS pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan kemampuan kejarsama dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS3 SMA Negeri 10 Kota Ternate.hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 23 jumlah peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan nilai rata-rata 55 kategori tidak tuntas, sedangkan pada siklus II dari 23 jumlah pesera didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan nilai rata-rata 83 kategori tuntas. Pada proses observasi siklus I, aktivitas guru model dalam implimentasikan metode TPS dan aktivitas kerjarsama peserta didik masih kurang. sehingga dilakukan perbaikan pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajarn pada siklus II. Pada siklus II aktivitas guru model dalam implementasikan metode TPS dan aktivitas kerjersama peserta didik menjadi lebih baik. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Peserta Didik
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QE Geografi Q Science > QE Geografi |
| Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:54 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:54 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

