PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 HALMAHERA UTARA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

YUSUF, NURJALILA HI. (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 HALMAHERA UTARA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of a. COVER.pdf] Text
a. COVER.pdf - Published Version

Download (22kB)
[thumbnail of c.  ABSTRAK 7.pdf] Text
c. ABSTRAK 7.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of e. BAB I.pdf] Text
e. BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of j. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery lerning berbasis pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Halmahera Utara Tahun Ajaran 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan desain penelitiannya adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Halmahera Utara yang berjumlah 64 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 orang dengan teknik pengembilan sampel adalah teknik acak kelas (claster sampling).Teknik data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi diperoleh nilai thit = 2.43 sedangkan ttab = 2,074 atau thit>ttab sehingga hipotesis yang menyatakan terhadap pengaruh antara model pembelajaran discovery lerning berbasis pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dapat diterima. Sedangkan untuk melihat besar pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis pendekatan saintifik secara bersama terhadap keterampilan proses sains menggunakan uji statistik regresi sederhana dan kolerasi dimana pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains sebesar 0,46 dengan koefisien determinan yaitu sebesar 21%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:04
Last Modified: 14 Feb 2023 04:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item