PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

WAKMAN, MINCE (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (114kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)

Abstract

Problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut aktivitas mental siswa untuk memahami konsep pembelajaran melalui situasi dan masalah yang disajikan pada awal pembelajaran dengan tujuan untuk melatih siswa menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X IPA SMA Negeri 5 Kota Ternate melalui penerapan model probelem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) dengan jumlah siswa 20 orang. Metode penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa dan lembaran observasi untuk guru. Pada siklus I terdiri atas 10 soal PG dengan jumlah skor total 10, dan pada siklus II terdiri 10 soal dengan jumlah skor total yang sama yaitu 10. Setelah data dianalisis secara deskriptif, diperoleh pada siklus I aktivitas siswa 58%, hasil belajar siswa 52%, aktivitas guru 57% dan pada siklus II data yang di peroleh aktivitas siswa 94%, hasil belajar siswa 96%, aktivitas guru 86%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 09 May 2023 23:53
Last Modified: 09 May 2023 23:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item