WAKMAN, MINCE (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (93kB) |
|
Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version Download (114kB) |
|
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (188kB) |
Abstract
Problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut aktivitas mental siswa untuk memahami konsep pembelajaran melalui situasi dan masalah yang disajikan pada awal pembelajaran dengan tujuan untuk melatih siswa menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X IPA SMA Negeri 5 Kota Ternate melalui penerapan model probelem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) dengan jumlah siswa 20 orang. Metode penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa dan lembaran observasi untuk guru. Pada siklus I terdiri atas 10 soal PG dengan jumlah skor total 10, dan pada siklus II terdiri 10 soal dengan jumlah skor total yang sama yaitu 10. Setelah data dianalisis secara deskriptif, diperoleh pada siklus I aktivitas siswa 58%, hasil belajar siswa 52%, aktivitas guru 57% dan pada siklus II data yang di peroleh aktivitas siswa 94%, hasil belajar siswa 96%, aktivitas guru 86%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 09 May 2023 23:53 |
Last Modified: | 09 May 2023 23:53 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3139 |
Actions (login required)
View Item |