PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 KOTA TERNATE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

KILKODA, RISNA AYU DJ (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 KOTA TERNATE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (69kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kota Ternate ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one –group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kota berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dalam bentuk soal uraian dan teknik non tes (lembar observasi) untuk menilai keterampilan proses sains siswa ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan proses sains siswa ranah kognitif, ranah afektif dan psikomotor.Besar pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan proses sains pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotormasing-masing sebesar 0,33, 0,3 dan 0,3 dimana rata-ratanya adalah 0,31 dengan kategori sedang. Kata Kunci:Model Pembelajaran REACT, Keterampilan Proses Sains, Larutan Penyangga, Statistik Deskriptif dan Inferensial, SPSS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 14 Feb 2025 05:53
Last Modified: 14 Feb 2025 05:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item