PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

JUMATI, SAMAWATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (72kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Tidore Kepulauan dan besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada hidrokarbon kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Tidore Kepulauan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen tipe One-Group-Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas Xa SMA Muhammadiyah 1 kota tidore kepulauan. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XA berjumlah 20 dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Purposive. Proses pengambilannya menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 21. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini ialah Uji hipotesis diperoleh sig < 0,05 thitung > ttabel atau 10,459 > 1,729 maka model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan nilai gain 62%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Bealajar Analisis Deskriptif, Analisis Inferensial, SPSS Versi21, Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:01
Last Modified: 14 Feb 2025 07:01
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4408

Actions (login required)

View Item View Item