PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII-II SMP Negeri 13 Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2018/2019)

BANGSA, HARINI DJ (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII-II SMP Negeri 13 Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (53kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (278kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya pendekatan open-ended 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP N 13 Tidore Kepulauan setelah diterapkan pendekatan open-ended. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dan desain penelitian One Group PretestPosttest Design. Populasi pada penenlitian ini adalah sisa kelas VII SMP Negeri 13 Tidore Kepuluan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 36. Dari 2 kelas tersebut satu kelas dijadikan sampel yaitu kelas VII-II yang berjmlah 15 siswa, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari, soal tes (pretest dan posstest) yang mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan PAP skala 5 dan untuk mengetahui penigkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan Perhitungan gain ternormalisasai (N-Gain). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan Open-Ended diperoleh 1siswa dengan kualifikasi baik (6,6%), 7 cukup (46,7%), 7 kurang (46,7%), kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya pendekatan open-ended secara keseluruhan dapat dilihat dari kualifikasinya yakni kualifikasi memuaskan, baik, kurang, cukup, dan gagal. 2) Peningkatan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya pendekatan open-ended pada interpretasi sedang. Kata Kunci : Pendekatan Open-Ended, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Mar 2025 01:11
Last Modified: 19 Mar 2025 01:11
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4554

Actions (login required)

View Item View Item