PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH METEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 21 Kota Tidore Kepulauan (TIKEP) Tahun Ajaran 2018/2019)

KAMAL, IRFAN S. (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH METEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 21 Kota Tidore Kepulauan (TIKEP) Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (37kB)
[thumbnail of ABSTRAK1.pdf] Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (327kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Treffinger pada materi perbandingan. 2) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Treffinger pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Tidore Kepulauan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang terdiri dari 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk tes essay. Data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dianalisis dengan menggunakan perhitungan gain ternomalisasi (N-Gain). Penelitian ini menggunakan statistik nonparametrik uji Paired Sampels Test untuk data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis data menunjukkan: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-1 SMP Negeri 21 Tidore Kepulauan setelah diterapkannya model Treffinger diperoleh nilai N-gain yaitu 0,59 yang berarti peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada pada interpretasi sedang. 2) penerapan model Treffinger secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-1 SMP Negeri 21 Tidore Kepulauan pada materi perbandingan. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Treffinger dan Perbandingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Mar 2025 01:19
Last Modified: 19 Mar 2025 01:19
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item