Hijratun, Wa Ode (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS PROSEDUR MELAUI STRATEGI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI SISWA KELAS VII-5 SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER WA ODE HIJRATUN.pdf - Published Version Download (114kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (160kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (166kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (93kB) |
Abstract
Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman MBKM, pengakuan guru dan siswa bahwa siswa kelas VII-5 SMP Negeri 5 Kota Ternate hasil belajar menulis teks prosedur masih rendah atau belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KMM) atau nilai masih dibawah 70. Hal tersebut terjadi karena dalam proses pembelajaran menunjukan belum adanya pemetaan minat profil/ gaya belajar sehingga tidak terakomodasi minat profil/ gaya belajar siswa yang mengakibatkan kurangnya minat dan motivasi belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi. Berdasarkan latar belakang masalah, maka munculah tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil belajar menulis teks prosedur melalui strategi pembelajaran diferensiasi siswa kelas VII-5 SMP Negeri 5 Kota Ternate. Subjek penelitian adalah kelas VII-5 SMP Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 25 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yakni terdiri atas 4 tahap: tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukan bahwa proses pembelajaran siswa lebih berminat karena memenuhi kebutuhan minat profil/ gaya belajarnya. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai akhir, nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal siswa yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada siklus I dan II. Pada Siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 69 dan ketuntasan Persentase secara klasikal 52% atau 13 siswa yang mendapatkan nilai KKM. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya dengan perolehan nilai akhir siswa ≥ 70, nilai rata-rata sebesar 89.5 dan ketuntasan Persentase secara klasikal 96% atau 24 siswa yang mendapatkan nilai KKM. Penelitian ini menunjukan penerapan strategi pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks prosedur siswa kelas VII-5 SMP Negeri 5 Kota Ternate. Kata Kunci: Hasil Belajar, Menulis, Teks Prosedur, Pembelajaran Diferensiasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:47 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:47 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |