PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI (3D) BERBASIS PRINSIP RECYCLE DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM TATA SURYA

MULYONO, LAILASARI (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI (3D) BERBASIS PRINSIP RECYCLE DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM TATA SURYA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (327kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa, kelas V SD N 34 kota ternate dengan menggunakan media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis prinsip recycle dan media gambar pada sistem tata surya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan merupakan quasi experimental nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas V SD N 34 kota ternate yang tersebar pada 2 kelas yaitu kelas A dan B. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan uji N-Gain, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji-t. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1). Terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis prinsip recycle pada konsep sistem tata surya; 2). Terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar pada konsep sistem tata surya; 3). Besar peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (X1) dapat kita lihat dari hasil N-Gain yang didapatkan sebesar 0,68 dengan kategori sedang; 4). Besar peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol (X2) dapat di lihat pada hasil N-Gain yang di dapatkan sebesar 0,18 dengan kategori rendah. Kata kunci: Media tiga dimensi, media gambar, minat belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 05 May 2025 03:35
Last Modified: 05 May 2025 03:35
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item View Item