PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII-L SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019

MARIANA, MARIANA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII-L SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (35kB)

Abstract

Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk :1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam penerapan pendekatan Problem Centered Learning; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan pendekatan Problem Centered Learning; 3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan pendekatan Problem Centered Learning. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Ternate T.A 2018/2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tertulis bentuk uraian tentang materi garis dan sudut. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial bahwa 1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah penerapan pendekatan Problem Centered Learning terdapat 2 siswa (8%) dalam kualifikasi gagal, 3 siswa (12%) dalam kualifikasi kurang, 8 siswa (32%) dalam kualifikasi cukup, 11 siswa (44%) dengan kualifikasi baik, dan 1 siswa (4%) dalam kualifikasi memuaskan; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis, 11 siswa (44%) siswa dengan interpretasi tinggi, 12 siswa (48%) dengan interpretasi sedang dan 2 siswa (8%) dengan interpretasi rendah; 3) penerapan pendekatan Problem Centered Learning secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa matematis siswa kelas VIII-L pada materi garis dan sudut Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif Matematis, Pendekatan Problem Centered Learning, Garis dan Sudut

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 14 May 2025 02:28
Last Modified: 14 May 2025 02:28
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item