SISTEM INFORMASI PUSAT PELAYANAN MASYARAKAT KECAMATAN BACAN TIMUR SELATAN BERBASIS WEB

Ahmad, Ikram T (2024) SISTEM INFORMASI PUSAT PELAYANAN MASYARAKAT KECAMATAN BACAN TIMUR SELATAN BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (272kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (453kB)

Abstract

Pelayanan publik adalah suatu kegiatan yang memberikan kebutuhan dasar terhadap warga negara dan penduduk atas suatu barang, jasa dan atau pelayanan administrasi yang sudah disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik, yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Penyelenggara pelayanan publik adalah lembaga dan petugas pelayanan publik, seperti pemerintah daerah atau Badan Usaha Milik Daerah yang menyelenggarakan pelayanan publik. Untuk penerima layanan publik adalah perseorangan atau sekelompok orang bahkan badan hukum yang memiliki kewajiban hak terhadap pelayanan publik. Pemanfaatan teknologi informasi untuk menjadi bagian tata kelola pemerintahan, seiring semakin meluasnya peningkatan kebutuhan akan ketersediaan informasi yang akurat dan cepat. Kemajuan teknologi informasi dijadikan sebagai pemanfaattann jaringan internet, yang memungkinkan orang bisa mengakses dan memperoleh data-data yang tersedia secara bersama-sama melalui jaringan yang saling terhubung. Era globalisasi dan teknologi menjadi semakin mendorong timbulnya kebutuhan informasi yang cepat dan tepat, hal tersebut sangat dirasakan vital bagi masyarakat diberbagai bidang. Karena alasan tersebut, peneliti membangun sebuah sistem informasi pusat pelayanan masyarakat berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem prototype. Uji coba sistem menggunakan metode black box testing yang dilakukan tahapan implementasi sistem sudah berjalan sesuai dengan perancangan yang dibangun, dimana tiap-tiap menu dalam sistem sudah bisa di akses dan di gunakan sesuai dengan fungsi dari tiap-tiap menu tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pusat pelayanan masyrakat telah berhasil dibuat sehingga dapat membantu pekerjaan para pegawai pemerintahan di kecamatan bacan timur selatan. Kata Kunci: Sistem Informasi, Pelayanan Masyarakat, Prototype, Website, Pengujian Black Box

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TS Informatics Engineering
Divisions: Fakultas > Teknik Informatika
Fakultas > Teknik Informatika
Fakultas > Teknik Informatika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:41
Last Modified: 16 Sep 2025 00:41
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item View Item