ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 16 HALMAHERA SELATAN PADA MATERI LINGKARAN

ALKATIRI, IRGAYANTI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 16 HALMAHERA SELATAN PADA MATERI LINGKARAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of 4. MOTTO DAN PERSEMBAHAN & ABSTRAK.pdf] Text
4. MOTTO DAN PERSEMBAHAN & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (324kB)
[thumbnail of 6. BAB I.pdf] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 16 Halmahera Selatan, dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah 2 butir soal tentang kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 16 Halmahera Selatan sebanyak 24 siswa, kemudian dipilih 4 siswa sebagai perwakilan subjek penelitian berdasarkan kategori kemampuan pemecahan masalah matematis (Sangat tinggi, tinggi, sedang,dan rendah) untuk diwawancarai sebagai bentuk triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 16 Halmahera Selatan dalam mempelajari materi lingkaran. Kualifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis dalam kategori sangat tinggi dicapai 4 siswa (16.67%). Kemampuan pemecahan masalah matematis dalam kategori tinggi dicapai 7 siswa (29.16%). Selain itu, siswa dengan kemampuan kategori sedang dicapai 9 siswa (37.5%) sudah mampu menentukan rumus, namun hasil akhirnya tidak dapat diselesaikan, dan sebanyak 4 siswa (16.67%) dalam kategori rendah menunjukkan bahwa siswa tersebut tidak bisa menentukan jawaban akhir. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Lingkaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:59
Last Modified: 17 Sep 2025 01:59
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5202

Actions (login required)

View Item View Item