PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS IV SDN 21 KOTA TERNATE

UDIN, ASLINDA (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS IV SDN 21 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (30kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (115kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB)

Abstract

Aslinda Udin, 2024. Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Menggunakan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Kelas IV SDN 21 Kota Ternate. Dibimbing Oleh: Darmawati Hady, S.Pd.,M.Pd Selaku Pembimbing I dan Ibu Dwi Widyastuti Nurharyanto, S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pembagian di kelas IV SDN 21 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa, dengan rincian 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian dirancang dengan desain PTK yang meliputi empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peneliti pada siklus I mencapai 81,67% dan meningkat menjadi 88,67% pada siklus II. Aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan, dari 73,22% pada siklus I menjadi 91,08% pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 50%, dengan 9 siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas dengan nilai rata-rata 54. Pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 77,79%, dengan 14 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas dengan nilai rata-rata 76. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match menggunakan media flashcard efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 21 Kota Ternate, dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 27,79% dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Make A Match, Media Flashcard, Pembagian, Peningkatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 05:43
Last Modified: 17 Sep 2025 05:43
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5235

Actions (login required)

View Item View Item