BANDRIA, DORISTA WANUR (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS IV SD NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (112kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (242kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (163kB) |
Abstract
Dorista Wanur Bandria, 2024: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Di Kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate. Dibimbing oleh : Anwar Marasabesy, S.Pd.Gr., M.Pd dan Risna Srinawati, S.Pd.I., M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate dan mengetahui implikasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model GI siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate yang berjumlah 26 siswa yaitu 17 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Prosedur pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Hal ini dapat ditunjukkan pada hasil belajar siswa di siklus I memperoleh nilai rata-rata 55,11 dengan presentase 19,23%. Hal ini pun terjadi pada aktivitas guru siklus I diperoleh presentase 67,64% dan aktivitas siswa memperoleh presentase 64,58%. Kemudian, pada siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 81,69 dengan presentase 88,47%, begitupun terjadi peningkatan pada aktivitas guru di siklus II dengan memperoleh presentase 91,17% dan aktivitas siswa memeperoleh presentase 91,66%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate. Kata Kunci : Model pembelajaran Group Investigation (GI), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 05:55 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 05:55 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |