MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 5 KOTA TERNATE

Alman, Endang (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (294kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB)

Abstract

Endang Alman, 2024: Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperatife Tipe Example Non Example Pada Pembelajaran IPAS Materi Harmoni Dalam Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate. Dibimbing oleh: (1) Anwar Marasabesy S.Pd.,Gr., M.Pd (2) Asri S. Tamalene. S.Pd., M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses penerapan model pembelajaran Cooperatife Tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate pada pembelajaran IPAS dan (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate dengan model pembelajaran Cooperatife Tipe Example Non Example pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung persentase hasil aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada siklus dimana siklus I diperoleh ketuntasan belajar dengan persentase sebesar 18% sebanyak 4 siswa, aktivitas guru dengan nilai rata-rata sebesar 54,16% dan aktivitas siswa 52,5%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan persentase sebesar 91% sebanyak 20 siswa, aktivitas guru meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 88,33% dan aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 96,66% Berdasarkan hasil persentase di atas dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperatife tipe Example Non Example mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate pada pembelajaran IPAS. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperatife, Example Non Example, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:09
Last Modified: 17 Sep 2025 06:09
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5250

Actions (login required)

View Item View Item