MURSAL, FITRIA HI. (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS III SD NEGERI 48 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER .pdf - Published Version Download (244kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (190kB) |
![]() |
Text
E. BAB I .pdf - Published Version Download (521kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (296kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam dan komprehensip tentang peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran PMR dan siswa yang mendapatkan model pembelajran konvesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 48 Kota Ternate. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah purposive sampling atau bertujuan. Karena itu,sampel yang dilibtkan adalah sebanyak 35 siswa kelas III yang terdari dari dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen berjumlah 17 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol berjumlah 18 siswa.Teknik dalam pengumpulan data yaitu hasil pretest-posttest,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statestik deskriptif dan analisis statestik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran PMR siswa kelas III SD Negeri 48 Kota Ternate. Hasil analisis data menggunakan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji paired sample t test dengan sebesar 0,219 sehingga model pembelajaran PMR berbasis media stik yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat peningkatan pendekatan matematika realistik terhadapt hasil belajar matematika. Terbukti dengan nilai sig 0,000< 0,05 dan t hitung > t tabel = 2,120 >10,347 dengan rata- rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 55,23 dan kelas kontrol sebesar 53,55 (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dengan kelas konrol. Terbukti dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel = 2,120 > 2,969 dengan nilai ratarata posttest kelas eksperimen sebesar 74,47 dan kelas kontrol sebesar 62,77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pendekatan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 48 Kota Ternate. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika,Pendekatan Matematika Realistik,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 06:29 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 06:29 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |