ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MATHEMATICAL HABITS OF MIND DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KOTA TERNATE

AZZAHRA, PUTRI ARDHITA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MATHEMATICAL HABITS OF MIND DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (240kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dan sikap Mathematical Habits of Mind (MHM) siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Kota Ternate di lihat dari 12 indikator MHM dalam menyelesaikan materi persegi panjang dalam bentuk soal cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif/studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan dan tiap indikator MHM siswa dalam mempelajari materi persegi panjang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, pengisian angket sikap MHM, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini berdasarkan presentase dan nilai rata-rata yang didapat oleh siswa dan serta menelaah dari 12 indikator sikap MHM yang diteliti, sehingga pada indikator yang mana sikap siswa bersifat sangat tinggi, tinggi, rendah dan sangat rendah dan bersifat positif atau negatif. Berdasarkan hasil analisis angket sikap MHM didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan menunjukkan sikap siswa berada pada kriteria tinggi, indikator tertinggi berada pada indikator berpikir dan berkomunikasi sebesar 99,99%, Indikator berikutnya adalah bersemangat dalam merespon pendapat sebesar 99,98%, dan indikator mendengar dan memahami orang lain dengan empati & belajar berkelanjutan sebesar 99,93%, Bertanya dan merespon secara efektif sebesar 99,92%. Sedangkan indikator rendah terletak pada indikator mendengar dan memahami orang lain dengan empati, berpikir luwes, mencipta, berimaginasi, dan berinovasi, bertanggung jawab dan berani mengambil resiko, dan saling bergantungan yakni sebesar 49,99%, indikator mengatur kata hatidan humoris sebesar 49,97%, dan indikator mampu bertahan sebesar 33,33%. Kemudian berdasarkan rata-rata nilai sikap siswa secara keseluruhan terhadap 12 indikator dari jumlah 16 indikator MHM berada pada level positif. Indikator tertinggi terletak pada berpikir dan berkomunikasi sedangkan indikator terendah terletak pada indikator mampu bertahan dan menghadapi resiko. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah kemampuan matematika rendah namun sikap MHM siswa dalam mempelajari materi persegi panjang dalam bentuk soal cerita termasuk kategori baik. Kata Kunci: Kemampuan matematika, MHM, soal cerita persegi panjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 23:50
Last Modified: 17 Sep 2025 23:50
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5281

Actions (login required)

View Item View Item