Muchsin, Siti Dahlia (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS II SD NEGERI 48 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (105kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (88kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (174kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan literasi matematika siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 48 Kota Ternate, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas IIA dan IIB. Kelas IIA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan PMR, dan kelas IIB sebagai kelas kontrol menggunakan PK. Jumlah sampel yang diteliti yaitu 46 orang siswa (kelas IIA 25 dan kelas IIB 21). Tujuan penelitian ini : 1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematika siswa pada kelas II SD Negeri 48 Kota Ternate yang pembelajarannya menggunakan PMR dan yang menggunakan strategi PK berbeda atau sama. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran PMR lebih baik dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi PK. Hambatan yang ditemui saat penelitian yaitu lamanya siswa dalam mengerjakan LKS yang diberikan juga juga perlakuan siswa yang beragam. Kata Kunci : Literasi matematika, PMR, peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 00:22 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 00:22 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |