PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA TERNATE PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DISEKITAR KITA

., TIARA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA TERNATE PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DISEKITAR KITA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (201kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. subek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate, yang berjumlah 23 siswa, diantaranya 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. prosedur pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 51,30% dari 23 siswa yang mengikuti tes hanya terdapat 6 siswa yang tuntas dan berhasil mecapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum KKM dengan presentase ketuntasan 26,08% sedangkan 17 siswa lainnya belum tuntas dan belum mencapai nilai KKM. Kemudian dengan adanya perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh skor ratarata 76,08% dari 23 siswa yang mengikuti tes yang tuntas berhasil mencapai nilai KKM sebanyak 19 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 82,60% sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dan belum mencapai nilai KKM. Hal ini juga terjadi peningkatan pada aktivitas guru (67,85%) dan aktivitas siswa (59,37%) pada siklus I, pada aktivitas guru (91,07%) dan aktivitas siswa (84,37%) pada siklus II. Berdasarkan hasil presentase diatas dapat di simpulkan bahwa dengan menggunkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate. Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Inkuiri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 00:40
Last Modified: 18 Sep 2025 00:40
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5293

Actions (login required)

View Item View Item