., NURISTA (2024) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK TUNAGRAHITA USIA 5-6 TAHUN DI TK LB NEGERI TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER NURISTA.pdf - Published Version Download (111kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (225kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penanaman nilainilai karkter religius pada anak tunagrahita di TK LB negeri ternate yang berjumlah 6 orang di antaranya 3 perempuan dan 3 laki-kaki. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripsi, sumber data diperoleh dari hasil wawancara 2 responden yang terdiri dari 2 guru kelas . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data dan penarikan data. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi penanaman nilai-nilai karakter religius pada anak tunagrahita usia 5-6 tahun TK LB negeri ternate dapat disimpulkan bahwa: indikator 1) mengenal dan mensyukuri tubuh dan bagiannya sebagai ciptaan tuhan melalui cara merawatnya dengan baik: kami dapat mengajarkan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan dengan benar, menggunakan sabun, air hangat, dan menggosok seluruh permukan tangan. 2) mengagumi kebesaran tuhan kkegiatan yang dapat kami lakukan yang pertama, mewarnai gambar, memberikan gambar-gambar alam untuk mewarnai dan cerita berbagai cerita tentang keajaiban alam dan menanamkan rasa syukur atas kelahiran merekaarena kelahirannya didunia dan hormat kepada orang tuannya. 3) senang mengikuti aturan kelas dan sekolah untuk kepentingan hidup bersama: guru dapat membuat daftar aturan sekolah yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak. 4) senang bergaul dengan teman sekelas dan satu sekolah dengan berbagai perbedaan yang telah diciptakannya: guru dapat mendorong interaksi positif anak dengan berbagai latar belakang melalui diskusi dikelas. 5)membantu teman yang memerlukan bantuan sebagai suatu ibadah atau kebajikan: guru mengajarkan anak untuk saling tolong menolong kepada sesama, dan pentingnya tolong menolong sesama teman dan juga dapat memperkokoh persatuan meskipun beda suku dan ras. . Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter Religius, Anak Tunagrahita
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:29 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 01:29 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |