Jahir, Astuti (2024) MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS DI TK PEMBINA 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER .pdf - Published Version Download (170kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS .pdf - Published Version Download (341kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (371kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (285kB) |
Abstract
Astuti Jahir, 2024. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggambar Bebas di TK Pembina 5 Kota Ternate. Pembimbing: Bahran Taib S.Psi, M.Si dan Winda Oktaviani, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini melalui kegiatan menggambar bebas. Kepercayaan diri adalah perasaan atau motivasi yang mendasari subjek untuk mengambil tindakan, yang merupakan bagian dari sifat pribadi. Di dalam kepercayaan diri terdapat keyakinan akan kemampuan diri, sikap optimis, objektif, bertanggung jawab, serta pendekatan yang rasional dan realistis. Desain penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencaanaan penelitian, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilkasanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B (5 6 tahun) TK Pembina 5 Kota Teranate, dengan jumlah siswa 9 anak yang terdiri dari 4 siswa laki laki dan 5 siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan demgan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriso kuantitatif. Aspek penilaian rasa percaya diri anak yang menjadi amatan peneliti, ada 4 yaitu Anak mampu menyelesaikan tugas menggambarnya hingga selesai, Anak mampu menunjukkan hasil menggambarnya dengan bangga di depan kelas, Anak mampu mengerjakan tugas menggambarnya dengan tenang, dan Anak mampu menceritakan gambar yang dibuat. Beradasrkan hasil penlitian tindakan kelas (PTK) ini menunjukan bahwa kemampuan rasa percaya diri anak sebelum dilakukan tindakan perkembangnnya masih belum optimal yaitu 11,11% dari jumlah siswa 9 orang, kemudian setelah dialkukan tindakan melalui kegiatan menggambar bebas pada siklus I meningkat menjadi 33,33%, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 77,78%. Sehingga dapat disimpulakan bahwa melalui kegiatan menggambar bebas dapat meningkatkan kemampuan rasa peracaya diri anak kelompok B di TK Pembina 5 Kota Ternate. Kunci Kata: Rasa percaya diri, menggambar bebas`
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:08 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:08 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |