UPAYA GURU DALAM MELATIH DISIPLIN PADA ANAK USIA 4 5 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI LAGU BANGUN PAGI DI PAUD PEMBINA 7 KOTA TERNATE

Umasugi, Melyarani (2024) UPAYA GURU DALAM MELATIH DISIPLIN PADA ANAK USIA 4 5 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI LAGU BANGUN PAGI DI PAUD PEMBINA 7 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (255kB)
[thumbnail of K. DAFTAR   PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (261kB)

Abstract

Melyarani Umasugi, 2024.Upaya Guru Dalam Melatih Disiplin Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Lagu Bangun Pagi di Paud Pembina 7 Kota Ternate. Pembimbing Bahran Taib, S.Psi., M.Si dan Winda Oktaviani, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Melatih Disiplin Pada Anak Usia 4 5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Lagu Bangun Pagi di Paud Pembina 7 Kota Ternate . Penelitia n ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini yakni 2 orang siswa dan 3 orang guru di Paud Pembina 7 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi s data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa 1) guru di Paud Pembina 7 Kota Ternate dalam meningkatkan kepedulian sangat baik, dengan cara guru mengajarklan kepada anak peduli kepada teman dan lingk ungan sekitarnya dengan menanamkan rasa sayang kepada anak serta guru memberikan motivasi dan nasihat nasihat yang baik. 2) upaya guru dalam medisiplinkan anak dalam mentaati peraturan disekolah yaitu menerapkan peraturan disekolah itu harus melibatkan an ak karena disekolah juga ada aturan kelas masing masing. 3) upaya guru dalam meningkatkan sikap percaya diri terhadap anak yaitu dengan memberikan dorongan berupa pujian, perhatian, memberikan reward atau penghargaan, memberikan motivasi dan memberikan na sihat yang baik kepada anak tersebut. 4) cara guru untuk membuat anak menjadi mandiri yaitu mengingatkan dengan lagu dan di sekolah juga ada syair syair yang mengandung pesan agar anak itu ia bisa mandiri. Kata Kunci : Upaya Guru, Disiplin, Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:03
Last Modified: 19 Sep 2025 06:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item