ANALISIS PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI, REFLEKSI (LOC-R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 07 KOTA TERNATE

JALALI, IRMA (2024) ANALISIS PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI, REFLEKSI (LOC-R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 07 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Irma Jalali, 03281911008. Analisis Pencapaian Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi (LOC-R) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 07 Kota Ternate. Dibimbing oleh Hernita Pasongli dan Andi Tenri Pada Agustang. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi (LOC-R) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di sekolah SMPN 7 Kota Ternate dan mengetahui berapa besar peningkatan hasil hasil belajar siswa kelas VIII di sekolah SMPN 7 Kota Ternate menggunakan pendekatan Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi (LOK-R). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre- experimental design tipe One-Shot Case Study. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIIC dengan menggunakan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis Deskriptif dan uji hipotesis menggunakan Uji One sample ttest. Hasil Penelitian menunjukkan pendekatan pembelajaran LOCR efektif terhadap hasil belajar siswa, dapat dilihat dari nilai Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0,011, < 0,05 maka H0 ditolak, maka rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari 75. Peningkatan hasil belajar siswa pada topik geografi berada pada kategori sangat baik 31%, baik 56% dan cukup 13%. Kata Kunci: pendekatan LOC-R, hasil belajar IPS (geografi)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QE Geology
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 23:42
Last Modified: 18 Sep 2025 23:42
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5382

Actions (login required)

View Item View Item