IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD AKE GAALE MALAHA TERNATE UTARA

Rahman, Nuryanti (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD AKE GAALE MALAHA TERNATE UTARA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB)

Abstract

Nuryanti Rahman, 2024. Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menghafal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Kelompok PAUD Ake Gaale Malaha Ternate Utara. Pembimbing : Nurhamsa Mahmud, S.Pd.,M.Pd dan Fatoni Achmad S.Pd.I.,M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembiasaan dalam menghafal huruf hijaiyah pada anak usia dini PAUD Ake Gaale Malaha. Jenis penelitian ini adalah adalah deskripsi kualitatif, sumber data diperoleh dari hasil wawancara 2 responden yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 1 guru kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data dan penarikan data. Hasil penelitian menunjukkan implementasi metode pembiasaan dalam menghafal huruf hijaiyah pada anak usia dini kelompok B di Paud Ake Gaale Malaha Kota Ternate dapat disimpulkan bahwa: indikator 1). Kegiatan rutin : guru selalu mengimplementasikan kegiatan rutin dari hari senin sampai hari rabu pukul 07:30-08:30 dalam menghafal huruf hijaiyah pada anak agar anak dapat menghafal huruf hijaiyah. Indikator 2) pembiasaan menghafal huruf hijaiyah: pembiasaanya dilakukan guru dengan mengajarkan huruf hijaiyah secra terus-menerus atau berulang-ulaang agar memperkuat ingatan anak dan memberikan pujian atau penghargaan kepada anak, anak yang sudah mampu mengikuti perintah guru dalam menghafal huruf hijaiyah. Indikator 3) kegiatan terprogram: guru sudah menyiapkan beberapa media dan modul pembelajaran dalam hal ini menghafal huruf hijaiyah pada anak dan selalu mengevaluasi setiap anak setelah melaksanakan pembelajaran Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Huruf Hijaiyah, Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:04
Last Modified: 19 Sep 2025 06:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item