S. Safar, Widya Rahmadini (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DALAM PERMAINAN MAZE PETA PADA ANAK UMUR 4-5 TAHUN DI PAUD PEMBINA 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (105kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (159kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (174kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (222kB) |
Abstract
Widya Rahmadini S. Safar, 2024. Analisis Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dalam Permainan Maze Peta Pada Anak Umur 4-5 Tahun Di PAUD Pembina 1 Kota Ternate. Pembimbing Bahran Taib S.Psi.,M.Si dan Nurhamsa Mahmud,S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan permainan maze peta pada anak umur 4-5 tahun PAUD Pembina 1 Kota Ternate. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dilakukan pada subjek penelitian sebanyak 1 orang yaitu guru kelas A dan 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan maze peta dalam mengenal konsep bilangan yang dilakukan yaitu : Indikator 1) Mengenal angka 1-10, guru mengajak anak-anak untuk bernyanyi angka menggunakan jari-jari tangan terlebih dahulu, guru juga menggunakan permainan maze peta yang dapat membantu anak dalam mengenal konsep bilangan, guru juga mengatasi anak yang kesulitan dalam membilang dengan cara mengajak anak berhitung jumlah siswa dimulai dari diri sendiri, sehingga pembelajaran ini sangat disukai siswa. 2)Menyebut urutan bilangan, guru memperkenalkan kepada anak-anak tentang angka yang dituliskan dipapan tulis, guru juga meminta untuk menyebut angka 1-10 secara bersama-sama, apa bila ada anak yang belum bisa menyebut urutan bilangan maka guru menanyakan kembali terkait dengan angka yang disebutkan. 3) Mencocokan angka 1-10 dengan benda, guru mengajarkan anak mencocokan angka menggunakan permainan maze peta yang terdapat angka 1-10 dengan perahu dan pulau (peta) kemudian anak mencocokan angka dengan benda sangat disukainya. 4)Menghubungkan konsep dengan lambang bilangan guru mengajarkaanak menghubungkan konsep menggunakan permainan maze peta, disetiap perahu dan pulau guru memberi angka 1-10, guru mempersilahkan anak untuk maju kedepan dan mengambil perahu kemudian mencari jalan keluar menuju pulau dengan angka yang sama, sehingga dengan permainan maze peta ini guru dapat mengajarkan anak untuk menghubungkan konsep dengan lambang bilangan. Kata Kunci: Konsep Bilangan, Maze Peta, Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | > Pendidikan Pg_Paud > Pendidikan Pg_Paud > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:05 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |