PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI 3 WEDA

Sacim, Asni (2024) PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI 3 WEDA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (228kB)

Abstract

Asni Sacim, 2024: Penerapan Metode Jarmatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Penambahan Konsep Perkalian Siswa Kelas II SD Negeri 3 Weda Dibimbing Oleh: Dr. Wahid Umar S.Pd., M.Pd Dan Selvi Wulandari S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperbaiki proses pebelajaran perkalian menggunakan metode jarimatika dalam upaya meningkatkan kemampuan penambahan konsep perkalian siswa kelas II SD Negeri 3 Weda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 3 Weda, yang berjumlah 14 orang siswa, diantaranya 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Prosedur pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan menggunakan metode jarimatika ini telah mengalami peningkatan pemahaman perkalian pada siswa. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal sebagai berikut: pemahaman perkalian dalam pembelajaran matematika terjadi peningkatan. Hal ini di tunjukkan dengan rata-rata skor 28,21% setelah diberikan Tindakan pada siklus I, dan rata-rata skor menjadi 71,07% dengan persentase skor keseluruhan yaitu 100% setelah diberikan Tindakan pada siklus II. Hal ini juga terjadi peningkatan yang signifikan pada aktivitas guru (72%) dan aktivitas siswa (83%) pada siklus I, dan pada aktivitas guru (71%) dan aktivitas siswa (83%) pada siklus II. Berdasarkan hasil persentase diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan pemahaman belajar perkalian pada siswa kelas II SD Negeri 3 Weda. Kata Kunci : Kemampuan Penambaan Konsep Perkalian, Metode Jarimatika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:46
Last Modified: 19 Sep 2025 06:46
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item